Selamat datang di Blog saya, Blog ini berisi materi metematika dan catatan pinggir penulis. Silakan kirimkan kritik dan saran yang membangun.

Jumat, 25 November 2011

Konsep e-learning


Untuk memahami konsep e-Learning perhatikan ilustrasi berikut:

  1. Seorang guru yang ditempatkan di daerah terpencil melakukan pembelajaran dengan modal materi yang disimpannya di laptop sekaligus menggunakannya sebagai media pembelajaran. Guru tersebut juga dapat menggunakan laptop tersebut untuk surfing mencari materi ajar yang dia perlukan. Setiap kali mengajar guru tersebut mencari materi dan memindahkannya di hardisc penyimpanan laptop, sehingga saat diperlukan bisa digunakan untuk referensi mengajar.
  2. Seorang lulusan dari FKIP perguruan tinggi X diterima mengabdi di suatu instansi pemerintahan Y, dalam 1 minggu mengajar 24 jam, ia mengakses internet di situs Z untuk mencari pembaruan alat peraga dalam materi yang dibutuhkan, tidak hanya memindahkan materi yang ada tetapi ia melakukan kontak langsung via video call dalam rangka mencari cara menggunakan alat peraga tersebut melalui praktek yang dilakukan oleh pembuat situs Z.
Apakah kegiatan yang dilakukan di nomor (1) merupakan e-Learning? TIDAK
Apakah kegiatan yang dilakukan di nomor (2) merupakan e-Learning? YA
Apakah media yang digunakan dalam e-Learning hanya video call saja? TIDAK

Contoh sederhana peta konsep e-Learning:













Inti dari pelaksanaan e-learning adalah adanya feedback.
Semoga bermanfaat (TP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar