Selamat datang di Blog saya, Blog ini berisi materi metematika dan catatan pinggir penulis. Silakan kirimkan kritik dan saran yang membangun.

Selasa, 29 November 2011

Apakah Kehadiran ICT Akan Menggeser Peran Manusia Sebagai Guru?

Seiring berjalannya waktu teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat. Beberapa kalangan percaya bahwa semua hal yang berhubungan dengan interaksi akan dimudahkan atau bahkan digantikan perannya oleh perkembangan ICT. Tetapi apakah perkembangan ICT dapat menggeser peran manusia sebagai guru?

Guru jaman modern berganti peran dari "teacher centered" menjadi "student centered". Guru jaman modern tidak hanya menyuguhkan pembelajaran yang bersifat "transfer of knowledge" tetapi menuntut setiap peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran.

Sebagaimana telah dirumuskan oleh pemerintah pada UU no.14 th 2005 (UUGD) tentang empat macam Kompetensi Guru:

  1. Kompetensi Pedagogik
  2. Kompetensi Kepribadian
  3. Kompetensi Sosial
  4. Kompetensi Profesional
Kompetensi Pedagogik menuntut seorang guru mempunyai wawasan dan landasan yang kuat terhadap materi ajar, mengerti karakteristik peserta didik, dapat mengelola kelas dengan baik, membuat inovasi dalam rencana mengajar, dan menguasai teknologi sebagai media pembelajaran. 

Kompetensi Kepribadian menuntut seorang guru memiliki akhlak yang mulia, berwibawa, dewasa, stabil, menjadi teladan bagi peserta didik, secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri, dan mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.

Kompetensi Sosial menuntut seorang guru untuk dapat berkomunikasi lisan, tulisan, dan isyarat dengan baik. Bergaul efektif dengan peserta didik, pendidik, rekan kerja, dan pemimpin. Bergaul santun dengan masyarakat dengan memegang prinsip persaudaraan antar sesama.

Kompetensi Profesional menuntut seorang guru mendalami materi pelajaran secara luas, sesuai standar isi, program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang diampu. Mampu menguasai konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran yang diampu.

Keempat kompetensi tersebut menunjukkan bahwa peran guru tidak hanya sebatas "transfer of knowlegde". Peran serta peserta didik, lingkungan, dan masyarakat juga berpengaruh terhadap substansi mata ajar yang akan diterima oleh peserta didik. 

Maka, pertanyaan tentang "Apakah Kehadiran ICT Akan Menggeser Peran Manusia Sebagai Guru?" sebaiknya kita kembalikan kepada diri masing-masing selaku pendidik. Apakah peran ICT akan tetap menggantikan peran guru? atau hanya sebatas alat bantu dan media pembelajaran saja.

Semoga bermanfaat.
Salam (TP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar